Keterangan Gambar

ARTIKEL TENTANG DIVERSIFIKASI PRODUK LEBAH MADU



DIVERSIFIKASI PRODUK LEBAH MADU DAN MANFAATNYA

                 











OLEH
Prof. Dr.Ir.Mappatoba Sila, M,Sc
Ir. Budiaman, MP.



                                 LEMBAGA PENELITIAN

UNIVERSITAS HASAANUDDIN
MAKASSAR

                                                    AGUSTUS 2004








Disampaikan pada seminar nasional MAPEKI di Hotel Aston

Makassar 5 – 6 Agustus  2004


ABSTRAK
         
          Pemahaman umum bahwa hanya madu yang diproduksi oleh lebah, namun sesungguhnya dari perut lebah terdapat 13 macam  produk yang sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya. Kesemua jenis produk tersebut adalah :

1.       Madu
2.       Madu sarang (honey         comb)
3.       Madu Granulasi
4.       Pollen Lebah (bee Pollen)
5.       Roti Lebah (Bee Bread)
6.       Bisa Lebah (Bee Venom)
7.       Susu Lebah (Royal           Jelly)
8.       Larva Lebah pekerja
9.       Larva lebah jantan
10.     Larva lebah Ratu
11.     Pupa lebah
12.     Propolis
13.     Lilin lebah


          Serangga lebah madu yang demikian kecil,  memiliki banyak kantong yang berfungsi memproduksi 13 macam produk dimana kesemua produk ini telah terdokumentasi secara ilmiah sebagai makanan bergizi dan menyehatkan bahkan dapat dijadikan bahan obat dan kosmetika. Semua produk lebah madu dewasa ini sudah menjadi kebutuhan dunia, tetapi tidak semua tempat diatas bumi ini memproduksinya. Karena itu bersyukurlah bahwa negara tropis Indonesia adalah wilayah yang sangat sesuai untuk kehidupan lebah lokal dan lebah impor.
          Lebah madu pekerja yang beranggotakan 20.000 – 40.000 ekor dengan rajin mengunjungi sumber pakan setiap harinya, untuk mengumpulkan 1 kg madu diperlukan kunjungan lapangan lebah pekerja antara 120.000- 150.000 kali selama semusim pakan  (2-3 bulan) satu koloni lebah dapat mengumpulkan 150 kg madu. Madu adalah  cairan manis yang dikoleksi oleh lebah pekerja dari bunga-bungaan atau dari bagian vegetatif tanaman. Madu dapat dipanen dalam bentuk cairan kental, tetapi dapat juga dipanen dalam bentuk  madu sarang yang disebut  “Honey Comb”. Bilamana kandungan  glukosa madu lebih dari 34 %, maka madu tersebut akan tergranulasi menyerupai gula pasir  halus berwarna putih, produk ini disebut “Madu Granulasi”
          Selain madu sebagai makanan utama dan sumber energi bagi lebah, lebah juga memerlukan protein berupa “Bee Pollen”. Bee Pollen dikumpulkan dari bunga jantan (Anther) dan diramu sendiri oleh  lebah sejak saat pengumpulannya dilapangan. Apabila produk ini dipanen sebelum masuk kedalam koloni (sarang) maka disebut “Bee Pollen”, tetapi bila sudah tersimpan didalam sel sarang maka namanya berubah menjadi “Bee Bread” yang kaya zat besi, kalsium dan enzim.
          Larva lebah madu yakni telur yang sudah menetas berumur 1 – 15 hari dan belum ditutupi lilin. Bentuk sel tempat larva dapat dibedakan dengan mudah antara larva pekerja, larva jantan dan larva ratu. Larva jantan yang permukaannya ditutupi lilin sehingga tidak lagi terbuka disebut “Pupa Jantan”
          Bisa lebah (Bee Venom), Royal Jelly dan lilin lebah ketiganya merupakan produk ekstraksi dalam tubuh lebah sendiri melalui sistem kelenjar khusus. Bisa lebah merupakan alat pertahanan untuk melumpuhkan  musuh-musuh lebah, sedangkan Royal Jelly merupakan makanan khusus  ratu lebah dari sejak lahir sampai akhir hayatnya. Lilin lebah digunakan untuk membangun sarang dan sel sarang.
          Produk lebah madu lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah propolis, lebah pekerja memiliki  naluri alami untuk memilih jenis resin tanaman yang paling tinggi khasiat anti mikrobialnya. Setelah resin tumbuhan di formulasi dan tersimpan didalam koloni lebah maka namanya berubah menjadi “Propolis”. Karena adanya propolis maka seluruh sarang  lebah menjadi steril, bebas dari mikro organisme yang berbahaya.


A.    PENDAHULUAN

          Lebah madu merupakan suatu sumber daya yang cukup potensial dalam usaha tani terpadu,baik di hutan maupun di luar hutan, karena di samping berperanan dalam melestarikan lingkungan hidup, juga ikut meningkatkan kualitas dan kuantitas serta diversifikasi produk tanaman,   ( Sila 1989 ). Dadan ( 1984 ) menegaskan bahwa demi kesejahteraan manusia dalam hal pengadaan pangan maka intensifikasi tanaman hendaknya selalu dibarengi dengan usaha lebah madu sebagai pollinator yang mudah diatur dan dikendalikan.
           Kekayaan sumber daya alam yang melimpah di hutan belantara Indonesia berupa nektar, pollen pada bunga tanaman dan ekstra nuptial nektar yang jauh dari polusi hanya dapat dikonversi oleh lebah madu menjadi bahan dasar bernilai nutrisi dan bernilai ekonomi tinggi seperti: Madu , Pollen, Bee Bread, Royal Jelly, Propolis, Bee Venom ,Lilin Lebah dan lain-lain yang selanjutnya dapat dihasilkan turunan berbagai produk kesehatan dan kecantikan.
          Kaum muslimin di seluruh dunia mempercayai bahwa dari perut lebah ada obat yang menyembuhkan. Namun sedikit di antara mereka yang memahami bahwa dari perut lebah paling sedikit terdapat 13 macam produk yang berkaitan dengan kesehatan manusia.
          Jenis produk lebah madu baik yang sendiri – sendiri maupun secara langsung tidak pernah absen dari sejarah pengobatan sejak awal kehidupan manusia sampai pada abad modern saat ini. Tradisi mesir kuno dan Cina kuno banyak menyimpan dokumen tentang khasiat produk lebah madu terhadap penyembuhan berbagai penyakit masyarakat di zamanna.
          Dunia Farmasi, kosmetika, makanan, dan minuman di abad modern ini tidak henti – hentinya melakukan kajian ilmiah guna membuktikan kebenaran ayat Tuhan yang mengatakan dari perut lebah terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.


B.    SEJARAH PENGGUNAAN 13 PRODUK LEBAH      MADU DI CINA

          Tahun 1973, penggalian kuburan Han di Changsa, propinsi Hunan ditemukan 52 resep pengobatan yang tertulis pada lembaran sutera. Diantara resep  tersebut dikatakan larva lebah dicampur dengan madu termasuk obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Buku ketabiban “The Shen Nong’s Book of Herbs”, ditulis 2000 tahun yang lalu berisi 365 bahan obat yang di bagi atas tiga kategori:mutu tinggi, sedang dan rendah. Madu, lilin lebah, dan larva lebah digolongkan dalam kategori terbaik karena berkhasiat dan tidak beracun sehingga dapat mengobati penyakit kronis.
          Salah satu pengobatan tradisional  yang tidak pernah padam sejak awal ditemukannya sampai sekarang ini di Cina adalah “APITHERAPY “. Api berarti lebah dan therapy berarti pengobatan. Apabila orang sakit diobati dengan salah satu produk lebah maka dia sudah patut disebut pasien Apitherapy. Seiring dengan semakin berkembangnya pengobatan tusuk jarum (Acupuntcture) di Cina maka Apipuncture juga  ikut berkembang dengan pesat. Apipuncture merupakan bagian Apitherapy yang menjadi sangat populer dipedesaan.


C.    CONTOH PENGGUNAAN PRODUK LEBAH

        Kozlova (1974), mengatakan bahwa pada tahun 1957 Departemen Kesehatan Uni Sovyet (USSR) mengeluarkan peraturan sementara tentang penggunaan sengatan lebah untuk mengobati penyakit tertentu. Dalam hal penggunaan venom lebah sebagai pengobatan di Uni Sovyet, dikenal ada 3 orang yang sangat berjasa. Pertama Prof.M.I. Lukomsky pada tahun  1864 di Institute Kehutanan St. Petersburg menerbitkan artikel yang mendemonstrasikan venom lebah sebagai penyembuh yang baik dan menganjurkan agar para dokter mempelajarinya. Kedua, I.V. Lyubarsky seorang Doktor tentara selama Dua Puluh tahun menggunakan venom lebah melalui sengatan lebah. Bilamana semua pengobatan medis telah gagal maka dia menggunakan venom lebah dengan hasil yang baik. Buku pengalamannya tentang sengatan lebah diterbitkan pada tahun 1879 dengan titel “Bee Venom as a Cure”. Ketiga, M.B. Krol anggota staf Academy of Sciences” yang pertama kali melakukan penelitian penggunaan venom lebah secara sukses mengobati pasien kelainan fungsi syaraf antara tahun 1936 – 1937. Para ilmuan Uni Sovyet berkesimpulan bahwa venom lebah bukan saja dapat menyembuhkan penyakit tertentu, tetapi juga menambah kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.



D.    DIVERSIFIKASI PRODUK LEBAH MADU DAN       MANFAATNYA

  1. M A D U

          Madu adalah cairan manis yang dikumpulkan oleh lebah madu dari nektar bunga dan cairan manis tanaman selain bunga melalui proses khusus lalu disimpan di dalam sarang lebah. Madu merupakan zat alami yang sangat rumit karakter, khasiat, dan komposisi kimianya. Madu mengandung banyak zat nutrisi yang diperlukan guna pertumbuhan makhluk hidup dan tidak mengandung zat – zat yang membahayakan kehidupan.

ð KEGUNAAN

          Madu bukan saja dapat dikonsumsi sebagai makanan yang bergizi dan menyehatkan tetapi juga digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Madu sebagai obat dapat dicampur dengan bahan – bahan lain maupun secara murni. Banyak jenis penyakit yang dilaporkan dapat diobati dengan madu antara lain : luka luar, gangguan pernafasan, kelainan fungsi jantung, gangguan pencernaan, sistem saraf, dan lain – lain.
          Madu merupakan zat stimulan terbaik untuk memproduksi cairan hemolin yang berfungsi mencegah pikun, buta tuli, dan bongkok, pada usia tua.

  1. MADU SARANG

          Madu sarang adalah madu yang secara alami disimpan oleh lebah pada sisiran sarang yang tertutup lilin.

ð KEGUNAAN

          Seorang dokter anak – anak secara kebetulan menemukan bahwa anak yang rewel karena lubang hidung tertutup lendir sehingga sukar bernafas dapat segera terbebas dari keluhannya apabila diberi madu sarang untuk dikunyah. Hasil temuan ini dikembangkan oleh dokter medis dan ditemukan bahwa senyawa antara madu sarang dengan kelenjar ludah yang keluar dari bawah rahang akan memproduksi semacam zat yang dapat mengeringkan saluran nafas sehingga penderita asma bisa terbebas dari gangguan sesak nafas.

  1. MADU GRANULASI

          Madu granulasi adalah madu alami yang kadar glukosanya > 34 % sehingga dari bentuknya yang berupa larutan dapat berubah menjadi tepung berwarna putih, tepung ini bisa halus dan kadang – kadang kasar.

ð KEGUNAAN

          Disebabkan karena kandungan gula glukose yang tinggi maka madu granulasi sangat baik sebagai sumber energi untuk menstimulasi jantung dan juga merupakan makanan hati ( lever ) yang paling sempurna.
          Pasien yang mengalami gangguan saraf juga sangat baik diberi makanan madu granulasi. Makanan roti bersama kacang – kacangan dan madu granulasi akan membuat sehat dan memperpanjang umur.


  1. POLLEN LEBAH MADU ( BEE POLLEN )

          Pollen lebah madu adalah tepung sari bunga yang dikoleksi oleh lebah dari tumbuhan Angiospermae dan Gymnospermae setelah diramu dengan enzim dan madu oleh lebah itu sendiri.

ð KEGUNAAN

          Pollen lebah digunakan sebagai bahan industri makanan, industri obat – obatan, dan kosmetik. Beberapa penyakit tertentu dapat disembuhkan dengan pollen lebah madu antara lain: Prostatist, prostatauxe, hyperlipenia, chelesterolemia dan slow senility. Pada industri kosmetika pollen lebah madu digunakan untuk melembutkan kulit, karena kaya dengan asam amino dan enzim yang mudah diabsorpsi oleh kulit tanpa iritasi.
          Beberapa hasil penelitian tentang khasiat pollen lebah madu adalah sebagai berikut:
1.    kotoran dari tikus yang diberi makan pollen lebahmadu ternyata tidak mengandung mikroorganisme.
2.    memakan 25 gram pollen lebah madu yang dicampur madu setiap hari akan menghilangkan setiap jenis alergi dan juga sangat efektif mengobati penyakit lever.
3.    dianjurkan bagi orang yang berumur 50 tahun keatas agar memakan 15 gram. Pollen lebah madu setiap hari untuk mencegah prostates.
4.    khasiat peremajaan jaringan tubuh yang ada pada madu disebabakan karena pollen lebah yang dikandungnya.
5.  ROTI LEBAH

          Roti lebah adalah bee pollen yang sudah dipacking oleh lebah dalam sel sarang sebagian sudah tertutup lilin dan sebagian lagi masih terbuka.

a KEGUNAAN

          Roti lebah dikenal berkhasiat lebih tinggi dibandingkan dengan pollen lebah madu ( bee pollen ) terhadap kesehatan manusia.
          Roti lebah madu banyak digunakan untuk jenis penyakit defisiensi. Dapat mengobati segala macam penyakit anemia.

6.  BISA LEBAH MADU ( BEE VENOM )

          Bisa lebah madu adalah sejenis racun lebah yang disimpan dalam kantong racun setelah diseksresi oleh lebah pekerja dari bagian kelenjar racun yang dia miliki.

a KEGUNAAN

          Bisa lebah madu dalam industri obat – obatan digunakan untuk mengobati rheumatism, rheumarthritis, neuritis, neuralgia, hipertension, dan bronchial asthma.
          Secara umum manfaat sengatan lebah adalah sebagai berikut :
1.    Memperbaiki sistem saraf
2.    Menstimulasi dan memperbaiki sirkulasi energi darah dan sari makanan.
3.    Mengurangi pembengkakan
4.    Mengurangi rasa sakit
5.    Menyembuhkan rheumatik
6.    Menghambat rangsangan penyakit dalam tubuh
7.    Memutuskan siklus penyakit ganas di dalam tubuh
8.     Mengembalikan fungsi normal pusat saraf
9.    Mengembalikan fungsi seksual bagi orang yang sudah berumur
10. Menormalisasi metabolisme tubuh

Mellitine yang terdapat pada bisa lebah dapat melemaskan pembungkus otot, melenturkan otot, memperbaiki permeabilitas pembuluh darah, melindungi fungsi saraf, melipatgandakan erytrosite sampai 10 % dan meningkatkan HB darah. Selain itu juga berfungsi sebagai anti bakteri.

7.  SUSU LEBAH ( ROYAL JELLY )

          Royal jelly adalah produksi sekresi kelenjar pharyngeal dan kelenjar mandibular dari lebah pekerja yang umurnya masih muda. Royal jelly merupakan bahan makanan ratu lebah sejak dari stadia larva sampai akhir hayaatnya.

a KEGUNAAN

          Royal jelly merupakan makanan bernilai gizi tinggi yang tidak dapat diproduksi secara buatan. Royal jelly digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit antara lain : mencegah penuaan dini, mencegah dan menyembuhkan penyakit gerontologikal, mengatur internal secretion, merangsang metabolisme, menghilangkaan senile syndrome. Memberikan efek yang baik terhadap arteriosclerosis, tekanan darah, anti radiasi, dan membantu kemampuan tubuh untuk segera kembali berfungsi normal bila terjadi kondisi gawat seperti kekurangan oksigen, kecapaian, temperatur rendah, atau tinggi.
          Royal jelly banyak digunakan dalam industri kosmetik karena dapat merangsang aktifitas sel – sel epidermis, meningkatkan metabolisme sel, mengurangi endapan metabolisme, mecegah perubahan dari jaringan fibroclastic, menahan dan mencegah kulit keriput dan merupakan nutrisi kulit.


8. LARVA LEBAH PEKERJA

          Larva lebah pekerja adalah fase antara menetasnya telur lebah sampai saat larva berubah menjadi pupa. Umur larva lebah pekerja + ( 6 ) hari.

a  KEGUNAAN

          Larva lebah pekerja selain banyak digunakan pada industri farmakologis juga banyak digunakan pada industri kosmetik serta pada nutrisi binatang ternak karena dapat mempertinggi kemampuan berbiak. Larva lebah baik sekali dijadikan menu bagi orang yang sudah berumur dan merupakan makanan yang dapat menstimulasi fungsi otak.
          Kongres Internasional Apimondia ke 29 pada tahun 1983 di Jerman melaporkan hasil penelitian penggunaan larva lebah dan Enchopabol (Enerbol) pada masing – masing 30 orang anak – anak ( usia 2 – 6 tahun ) yang menderita penyakit “ Psychomotor retardation “. Sepuluh hari setelah anak diberi larva lebah nampak kapasitas memorinya meningkat, perhatiannya melebar dan instabilitas psychomotornya sangat menurun. Sesudah empaat bulan anak – anak rata – rata sudah mengenal 20 – 30 kata yang mereka selalu ucapkan dengan gembira. Kelompok anak yang diberi Encephabol sangat lambat perkembangannya yang nanti terlihat setelah 3 – 4 bulan pengobatan.


9.  LARVA LEBAH JANTAN

          Larva lebah jantan adalah fase antara menetasnya telur yang berkelamin jantan sampai saat larva berubah menjadi pupa. Umur larva jantan + 6,5 hari.

a  KEGUNAAN

          Larva lebah jantan mengandung hormon anabolik. Banyak orang percaya bahwa larva lebah jantan dapat meningkatkan kemampuan seksual bagi pria.

10.  LARVA RATU LEBAH

          Larva ratu lebah adalah fase antara menetasnya telur yang ada pada sel ratu sampai pada saat larva berubah menjadi pupa . Umur larva ratu lebah + 5,5 hari.

a  KEGUNAAN

          Larva lebah ratu sangat bermanfaat karena dapat mengandung nilai nutrisi yang lebih tinggi dibanding dengan susu dan telur. Praktek klinik  menunjukkan bahwa larva lebah ratu  dapat mengatur sistem pusat syaraf, merangsang gairah hidup, meningkatkan nafsu makan, menambah kekuatan fisik, menenangkan saraf dan membuat tidur nyenyak. Tablet ratu lebah di Cina telah terbukti leucocyte deficit, neurasthenia, rheumarthritis, monoxema, nutritive oedema, banyak macam penyakit lever dan maag. Larva ratu lebah tidak hanya enak rasanya tetapi juga digunakan menyembuhkan neurosis dan mengobati anak – anak yang perkembangan intelegensinya sangat lambat. Juga dapat dijadikan makanan tambahan pada ternak dan serangga peliharaan.
          Terdapat16 macam asam amino yang ditemukan di dalam larva ratu lebah, diantaranya 6 maacam asam amino essensial yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup namun tidak disintesa oleh tubuh makhluk hidup itu sendiri.


11.  PUPA LEBAH JANTAN

          Pupa lebah jantan merupakan makanan enak dan bergizi. Lebah jantan yang terbungkus dengan kokon sebelum muncul menjadi lebah dewasa disebut pupa. Pupa lebah jantan berwarna putih atau kuning mengkilap dengan bagian kaki dan sayap yang jelas. Matanya nampak putih pada tahap awal yang kemudian secara perlahan – lahan akan berubah menjadi biru mengkilap lalu berwarna coklat tua. Pupa jantan berbau seperti ikan tanpa bau khas lainnya.
a  KEGUNAAN

          Pupa lebah jantan dapat digunakan untuk mengobati defisiensi kalsium pada anak-anak. Di Cina pupa lebah jantan diproses dan dijual sebagai makanan yang enak dan bergizi tinggi.
          Berbagai jenis enzim yang sangat efektif terdapat pada pupa lebah jantan. Bilamana enzim ini beraksi dengan oksigen di udara maka pupa segera akan berubah warna menjadi hitam dimana kualitas produksinya akan menurun. Oleh karena itu pupa sebaiknya disimpan dengan hati–hati segera setelah dipanen.
          Banyak cara telah dikembangkan untuk memberi pengamanan terhadap pemasaran pupa lebah jantan misalnya dengan menggunakan bahan – bahan kimia tertentu.
          Formula pengawetan pupa jantan digunakan 6 % “ S “ element, 4 % garam, 0,1 % citrit dan 0,2 % sodium bensoat.


12.  P R O P O L I S

          Propolis adalah bahan liat bercampur resin yang diramu oleh jenis lebah Eropa dan Trigona Sp. Dari bahan tumbuhan ditambah lilin lebah dan sekresi kelenjar lebah.

a  KEGUNAAN

          Propolis dapat digunakan dalam industri farmakologi. Propolis merupakan antibakteri yang alami dan juga memiliki fungsi anti jamur, virus, dan protozoa. Dapat memperkuat kekebalan tubuh organisme merangsang regenerasi jaringan dan memiliki efek bius lokal. Digunakan pada klinik lebah mengobati clavus tymanitis, oral orosion nuclear. Secara klinis terbukti efektif mengobati high blood fat (lemak darah yang tinggi). Setelah minum tablet propolis selama 2 bulan pasien cholesterol dan tryglyseride akan mengalami penurunan sebesar  41,3 % dan 76,6%. Propolis dapat juda digunakan untuk mengobati penyakit gynecological dan tumor. Juga dilaporkan bahwapropolis sangat efektif digunakan pada industri obat untuk ternak.
          Flavonoids yang terdapat dalam propolis dapat memperbaiki sistem pembuluh darah jantung, lemah fisik, [permeabilitas dan aliran darah. Juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan seksresikelenjar tubuh, menstimulasi berbagai kelenjar endokrin. Kandungan ferulic acid pada propolis berfungsi sebagai antibiotik yang kuat dan juga mudah mengobati luka yang sukar disembuhkan oleh obat lain.




13.  LILIN LEBAH MADU ( BEE WAX )

          Lilin lebah madu aadalah jenis “ Fatty Materi “ yang disekresi oleh lebah pekerja melalui kelenjar lilin.

a  KEGUNAAN

          Lilin lebah madu banyak digunakan sebagai bahan mentah industri kosmetik antara lain : cold cream, shampo, hair nutrient, cream kulit, minyak rambut, lipstik, dan rouge. Di Cina lilin digunakan sebagai kapsul obat tradisional dan juga sebagai bahan dasar pasta. Dalam dunia industri lilin digunakan untuk memproduksi : floor wax, candle, crayon, wax paper,dan bahan pewarna. Lilin lebah juga digunakan sebagai bahan pengawet logam, , pelumas banyak jenis mesin, insulator, dan packaging, serta bahan waterproof.
          Perban ( kain pembalut luka ) apabila direndam peda lilin yang dilelehkan dapat digunakan untuk mengobati penyakit rematik, dan arthritis.
          Lilin lebah dapat dijadikan bahan campuran utama untuk pembuatan salep yang bahan aktifnya diperoleh dari produk lebah madu lainnya seperti: propolis, bisa lebah, dan sebagainya untuk mengobati berbagai jenis penyakit luar antara lain eksim, bisul, jerawat dan luka luar.
























D A F T A R    P U S T A K A

1.    Anonimous1), 2003. Bee Venom Therapy. Internet Health Library. Bee Venom Terapi. Htm
2.    Anonimous2) , 2003. Api Health-Bee Venom Therapy. Internet; Api Health-Bee Venom Therapy. Htm.
3.    Balandin, A.D., 1950. In Bees And People, by Creighton,H.C. (edt.) 1974.
4.    Broadman, J., 1962. Bee Venom, The Natural Curative for Arthritis and Rheumatism. G.P. Putnam’s sons, N.Y.
5.    Creighton, H.C. ( edtrs. ), 1974. Bees and People. Mir Publishers. Moscow.
6.    Dadant & Sons (edtrs. ), 1984. The Hive and The Honey Bee. Journal Printing Company. USA.
7.    Kaal, Jacob, 1991. Natural Medicine from Honey Bees ( Apitherapy ). Kaal’s Printing House, Amsterdam.
8.    Komarov, P.M. & A. S. Erstein, 1938. “ In Bees and People by Creighton, H.C., ( edt ). 1974”.
9.    K. Natzir, R., 2000. Tipe Alergi Venom dan Penanganannya Dalam Pengobatan Apiterapi. Seminar Ilmiah Apiterapi. PT. Bee Toba Makassar.
10. Mraz, Charles, 1995. Health and the Honey Bee Queen City Publications. Burlington, Vermont.
11. Mueller, E., 1938. Die Gift – Production der Honigbiene Vernandl. VII. Kongress Entomol ( : 1857 – 1864 ).
12. Root, A.I., 1983. The ABC and XYZ of Bee Culture the A.I. Root Company, Medina, Ohio, USA.
13. Sammataro, D. & A. Avitabile, 1978. The Beekeepers Handbook. Peach Mountain Press. Ltd. Michigan.
14. Yaochun, Chen (etrs), 1993. Apiculture In China. Agriculture Publishing House. Beijing, China.















Lampiran I.    BAGAN DIVERSIFIKASI PRRODUK LEBAH MADU



Rounded Rectangle: Madu
 
Text Box: + 8160 jenis Formulasi belum diproduksi







Oval: INDUSTRI APIFARMA 



Rounded Rectangle: Madu Sarang


Rounded Rectangle: Madu Granulasi
 





Rounded Rectangle: Pollen Lebah                                                                                                                   +
Rounded Rectangle: Roti Lebah                                                                                          Madu Rimba                        Madu Pollen                                                                                                                            Royal Jelly M.Pollen                                                                                                                        Bee Bread
                                                                                                                                       Bee GMP                               
Rounded Rectangle: Bisa Lebah                                                                                                                                       Propolis                                                                                                                                                                        Kapsul Pomanil                 Kapsul Pomanil
                                                                                                                                       Kapsul PMP
                                                                                                                                       Kapsul Propolic
Rounded Rectangle: Larva Lebah Pekerja                                                                                                                                       Salep Apinom
                                                                                                                                       Madu Granulasi
                                                                                                                                       Kapsul Bee Pollen
Rounded Rectangle: Susu Lebah                                                                                                                                       Bedak Apilarnil
                                                                                                                                       Tetes Mata Madu
                                                                                                                                       Honey Comb
                                                                                                                                       Madu Asli                        
Rounded Rectangle: Larva Lebah JantanRounded Rectangle: Larva Lebah RatuRounded Rectangle: Lilin LebahRounded Rectangle: PropolisRounded Rectangle: Pupa Lebah                                                                                                                                       Cuka Madu

                                                                                                                                       Telah diproduksi
                                                                                                                                       PT.BEE TOBA
Text Box: Total Formulasi
8177

                                                                                                                                                =



















DIVERSIFIKASI PRODUK LEBAH MADU DAN MANFAATNYA

                 











OLEH
Prof. Dr.Ir.Mappatoba Sila, M,Sc
Ir. Budiaman, MP.



LEMBAGA PENELITIAN

UNIVERSITAS HASAANUDDIN
MAKASSAR

AGUSTUS 2004








Disampaikan pada seminar nasional MAPEKI di Hotel Aston

Makassar 5 – 6 Agustus  2004

Previous
Next Post »