Keterangan Gambar

Kenali Ini Sebelum Membeli Lilin Lebah Asli


Beeswax (lilin lebah) murah vs beeswax mahal

Apa yang menyebabkan? 



Pertama-tama mari kita kenali, istilah beeswax "refined dan undefined"

Lilin lebah yang diproduksi oleh dokterlebah, termasuk dalam kategori unrefined.

Beeswax unrefined adalah beeswax murni yang dibuat berasal langsung dari wadah madu lebah, Sedangkan beeswax refined adalah termasuk ke dalam kategori lilin lebah juga, hanya saja lilin lebahnya sudah diproses ulang , baik sekali maupun berkali kali melalui proses pemanasan yang tentunya juga ikut merusak gizi dan khasiat dari lilin tersebut.

Pemanasan pada beeswax refined bertujuan untuk menghilangkan Warna atau aroma maupun tujuan pengolahan kembali karena lilin lebah yg sebelumnya terbentuk tidak sempurna. Seperti bentuknya yg tidak baik maupun banyaknya zat asing yang terlekat pada lilin lebah tersebut atau yang sering dianggap sebagai kotoran pada lilin lebah.

Nah kelebihan pada lilin lebah unrefined, seperti lilin lebah hasil produksi dokter lebah, hanya butuh satu kali pembuatan untuk membuatnya sempurna (tidak diproses berulang) karna memang organic dan sudah sempurna baik dari segi aroma maupun kemurnian. Layaknya minyak zaitun, perasan pertama (Extravirgin olive oil) adalah hasil  termurni yang didapatkan dari minyak Karena hanya melalui satu kali pemerasan dan tidak diolah lagi untuk dipergunakan pada pemakai.

Selama ini, sangat banyak Masyarakat tergiur dengan iming-iming lilin lebah hanya dengan diberi keterangan "murni" oleh para penjual , 
Ataupun menerima istilah lilin lebah berkedok murni, tanpa tau hal dibalik layar lilin lebah.

Kami umpamakan kembali dengan minyak, 
Minyak kelapa , walaupun sudah diolah berkali-kali untuk di kemas, masih bisa dilabel dengan istilah "murni" bukan, selama isi nya hanya mengandung minyak kelapa saja.
Jelas, minyak kelapa nya sih murni, tapi bagaimana dengan kualitas nya? Murni satu kali pengolahan, atau murni karena sudah dimurnikan dengan pemanasan??
Nah sama halnya dengan lilin lebah,
Pada lilin lebah "UNREFINED" dokter lebah, 

"DIBUTUHKAN BERKILO-KILO SARANG UNTUK MENBUAT SATU KILOGRAM LILIN LEBAH YANG BETUL-BETUL  MURNI" BEBAS DARI KOTORAN,

TAPI,

Pada lilin lebah yang refined, untuk menjadikan SATU KILO LILIN LEBAH, HANYA DIBUTUHKAN KURANG LEBIH SATU KILO JUGA LILIN LEBAH UNTUK DIPANASKAN SECARA BERULANG. Jadi 

Beeswax Unrefined (dokter lebah) :
Membutuhkan lebih dari kiloan sarang untuk membuat satu kg  lilin lebah murni

Beeswax Refined : Hanya butuh satu kg lilin lebah yang entah bagaimana kondisi lilinnya sebelum dijernihkan (pernah kami melakukan tinjauan di beberapa lokasi ada yang sampai timbul jamur), untuk diolah ulang terus menerus agar menjadi lilin lebah yang yg layak dijual / dipakai.

Yang kedua adalah,
TEHNIK !

Tehnik yang dipakai untuk menghasilkan lilin lebah pada umumnya, masyarakat memakai bantuan air + zat zat lain kadang kami temukan malah memakai sabun cuci piring demi membuatnya mudah saat proses pencetakan ! :( 
Nah seperti yang kita tau kontaminasi air apalagi kalau sudah beradu dengan zat zat lain seperti sabun dll,
Akan mempermudah atau memperpendek umur lilin lebah itu sendiri.
Selain itu jelas bahwa zat asing, yang jika berkontaminasi dengan lilin lebah dan membentuk ikatan kimia zat baru, sama sekali tidak disarankan untuk dipakai dalam beberapa bidang, apalagi jika digunakan untuk industri makanan.Dan beberapa industri lainnya

Beberapa kasus parah lainnya adalah lilin lebah palsu, alias lilin berkedok lilin lebah murni yang tidak buat oleh lebah, tapi dengan sintetis buatan, dari getah-getah pohon, yang lebih parahnya jika pembuatannya diberi pewarna kuning maupun pewangi agar lilin lebah nya terkesan sangat menarik dan bagus namun mengesampingkan efek untuk pemakai lilin lebah, yang tadinya memakai lilin lebah karna merupakan lilin terbaik karena dihasilkan alam, malah mendapatkan efek samping dari bahan bahan aditif yang diberi pada lilin tersebut  ! :(


Namun, konsumen yang cerdas, selalu tau  , bahwa tidak hanya membandingkan harga, tapi juga membandingkan kualitas, pembeli yang cerdas tidak mudah diimingi imingi harga murah saja, berkali-kali kasus, sangat banyak yang mengeluh kepada kami, meminta maaf karena berkhianat, untuk beralih untuk membeli lilin lebah yang lebih murah, tapi berujung pada keluhan ternyata aroma lilin lebah nya sangat menusuk hidung, ada yang berbau parafin, berbau kimia keras, dll. 
Dan pada akhirnya kembali lagi pada kami dan baru sadar dan semakin yakin bahwa lilin lebah kami memang kualitas super asli 100%
(Bukan promosi yah :D tapi Alhamdulillah begitulah adanya,
Kami tidak pernah memaksakan rezeki, apalagi memaksa konsumen atau beradu emosi dengan para calon pelanggan yg ketus mencibir harga yang kami terapkan mahal dari yang lain. 
Karena memang, 
Yah, memang begitu memanglah adanya, TOTALITAS. demi membuat satu KG lilin lebah murni, membutuhkan berkilo2 berkali lipat bahan baku, dibanding dengan lilin lebah refined yang murah , yang dalam pembuatannya hanya dibutuhkan kurang lebih satu kg lilin saja untuk dipanas berulang.

 Berbagai ulasan atau review konsumen akan segera kami upload dalam website ini.

Maka dari itu, pilihan kualitas untuk pembuatan produk anda yang memakai lilin
lebah ada di tangan anda untuk menjadikan produk anda super berkualitas, gunakanlah bahan baku yang sudah terjamin berkualitas juga.

LILIN LEBAH CAMPURAN BERKEDOK MURNI/PALSU

Disini kami umpamakan lagi semisal, membuat minyak,
 untuk membuat minyak kelapa yg murni, 100% dibutuhkan lebih banyak bahan baku buah kelapa  , daripada untuk membuat minyak kelapa murah tapi campuran.
 Lilin lebah / beewax dokter lebah pun makanya membutuhkan lebih banyak bahan baku daripada lilin lebah murah kategori refined yang hanya membutuhkan sedikit lilin lebah utk dipanas secara berulang, 

Nah dampak negatif dari lilin lebah refined ini terdapat pada aroma hasil lilinnya yang menyengat , dan warna nya tidak sebagus lilin unrefined, TAPI
Perlu diingat, Belum tentu lilin lebah yg menyengat dan berwarna gelap bukan lilin asli , Karena lilin lebah yang asalnya dibuat oleh para lebah Trigona juga memiliki warna gelap dan aroma propolis, perlu pembahasan lanjut untuk mempelajari dan membahas tentang ini.

Sekarang, pilihannya ada pada konsumen lilin lebah masing-masing. Cerdaslah dalam menentukan kualitas lilin lebah yang akan Anda gunakan. Karna penggunaan lilin lebah berkualitas pastinya Meningkatkan kualitas produk yang anda hasilkan. Baik dari segi khasiat maupun kualitas.

Jangan sampai kita merasa berhasil mendapat lilin lebah yang murah, namun yang didapat kan justru kotoran nya lebih banyak atau gizinya sudah tidak ada sama sekali alias rusak.

Salam sehat
www.dokterlebah.com

Previous
Next Post »