Keterangan Gambar

LILIN LEBAH (BEESWAX)

ditulis oleh : 
www.dokterlebah.com
Ir.Budiaman,MP
Fak.Kehutanan Unhas

PENGERTIAN LILIN LEBAH (BEESWAX)
Lilin lebah / beeswax adalah salah satu hasil produksi  lebah yang dihasilkan dari proses metabolisme dari kelenjar lilin lebah pekerja muda yang berusia sekitar 12 hari. merupakan sejenis lilin yang untuk memproduksinya, lebah harus mengorbankan produksi madunya. Untuk menghasilkan 1 Kg lilin lebah (beeswax) , lebah mengkonsumsi madu sebesar kurang lebih 7 hingga 15 kg madu.

BAGAIMANA LILIN LEBAH TERBENTUK?
Tidak seperti saat memproduksi madu dimana lebah memproduksinya dengan mendatangi bunga, melainkan, lilin lebah terbentuk dengan cara para lebah pekerja meminum madu dan memakan tepung sari dalam jumlah yang banyak. Kemudian madu dan tepung sari tersebut  diolah oleh lebah pekerja dalam kelenjarnya yang terletak disebelah bawah perutnya. Hasil dari metabolisme inilah yang kemudian menjadi lilin lebah dan  digunakan oleh lebah untuk membangun sarang. Lilin lebah ini juga berfungsi untuk melindungi isi sarang mereka dari jamur.
Singkatnya, lilin lebah diproduksi oleh delapan kelenjar lilin yang  dimiliki lebah pekerja muda. Setelah diproses di kelenjar lebah pekerja tersebut  lalu dihasilkan cairan yang lama-lama mengeras karena bersentuhan dengan udara, bahan ini pada akhirnya bercampur dengan berbagai zat di sarang lebah, termasuk air liur lebah itu sendiri. kemudian dihasilkanlah  lilin lebah atau yang dikenal juga sebagai beeswax.

CIRI-CIRI LILIN LEBAH / BEESWAX
Dari segi warna, warna lilin lebah itu bervariasi. Berwarna putih kekuningan, hingga berwarna kuning gelap. Ketika diproduksi, lilin lebah akan menghasilkan warna putih, dan akan berubah menjadi kuning hingga kuning gelap atau kuning kecoklatan yang disebabkan oleh campuran pollen dan propolis lebah.
Teksturnya, sedikit lengket saat dipegang. Pada suhu kamar, lilin lebah sedikit lunak, sedangkan pada suhu dingin mudah pecah. Pada suhu kurang lebih 70 C , lilin lebah meleleh dan lengket. Lilin lebah menjadi rapuh di suhu dibawah 18 C. Dan menjadi lembut dan lentur diantara suhu 35-40 derajat C. Titik lebur lilin lebah sama dengan semua titik lebur lilin, yaitu 65 C. 

MANFAAT LILIN LEBAH ATAU BEESWAX
Lilin lebah yang merupakan bahan alami yang diproduksi lebah telah dimanfaatkan manusia sejak zaman dahulu, berikut pemanfaatan lilin lebah yang sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :
Dalam bidang kesehatan dan farmasi, lilin lebah merupakan bahan dalam bedah tulang, bahan untuk menambal gigi, juga dipakai sebagai lapisan obat atau pil, dsb.
Serta, lilin lebah juga dapat digunakan sebagai antiseptik  untuk mengobati luka. Sehingga luka cepat sembuh, mengering, dan tidak mengalami infeksi. Juga digunakan untuk menyembuhkan luka bakar.
Dalam bidang makanan, digunakan sebagai pelapis buah-buahan , keju dll, karena sifatnya yang sangat awet dan akan membuat bahan makanan terlindungi dengan baik karena sifatnya yang anti jamur dan juga anti korosi.
Lilin lebah dapat berfungsi sebagai petroleum jelly dalam bidang kosmetik , dan sifatnya lebih alami karena diproduksi oleh lebah.
Dalam bidang kosmetik, digunakan sebagai pengemulsi seperti pembuatan salep, krim, lotion, dll.
Lilin lebah / beeswax juga diterapkan dalam pembuatan Pomade,  lipbalm, lipstick, lip gloss, eye shadow, eye liner, perawatan rambut  dll.
Pada zaman dahulu lilin lebah dimanfaatkan dalam proses pengawetan mayat.
Ornamen, patung, dsb.
Polish untuk furniture
Pembuatan sabun
Krayon , pewarna, dll.
Digunakan dalam pembedahan rekonstruksi , dan masih banyak lainnya.

KANDUNGAN LILIN LEBAH / BEES WAX
Karena berasal dari lebah pekerja muda yang memakan bahan dasar madu, dan tepung sari. Dan setelah diproses di kelenjar nya bercampur dengan berbagai zat dalam sarang, maka dari itu lilin lebah / beeswax kaya akan berbagai jenis senyawa yang kebanyakan berasal dari senyawa ester dan berbagai senyawa lain dari pollen dan propolis.
Kandungan lilin lebah antara lain :
Monoester (35%) , Hidrokarbon (14%) , Diester (14%) , Asam lemak bebas (12%) , Hidroksi poliester (8%) , Hidroksi Monoester (4%) , Triester (3%) , Asam Ester (1%) , Asam Poliester (1%) , Lain-lain (6%)

CARA MENGENAL LILIN LEBAH YANG ASLI
Lilin lebah yang asli, memiliki banyak khasiat yang dapat dimanfaatkan. Sifatnya yang anti jamur, korosi, dsb sudah dimanfaatkan manusia dalam berbagai bidang. Sifat lainnya yaitu, saat dibakar  lebih terang alami, lebih bersih, dan lebih lama dibanding lilin lainnya. Lilin lebah merupakan bahan bakar alami yang dihasilkan dan diproduksi  oleh lebah, beraromakan madu dan mengeluarkan bau harum alam jika dibakar. Dan dalam proses pembakarannya, menghasilkan ion negatif yang khasiatnya dikenal untuk membersihkan udara, dan menyegarkan tubuh, merangsang kelenjar puitary yang meningkatkan kreatifitas, mimpi, dan intuisi.
Untuk mendapatkan dan merasakan khasiat  lilin lebah secara utuh, dan juga menjadikan produk anda yang berbahan lilin lebah berkualitas, tentunya dengan memilih lilin lebah yang dijamin keaslian dan kemurniannya. Kami secara langsung memproduksi, dan memanen lilin lebah dengan ilmu dan teknologi terkini, sehingga lilin lebah yang didapatkan berkualitas tinggi, dan terjaga kemurniannya.  Siap didistribusikan dan dijual. Untuk info dan pemesanan, dapat menghubungi kontak yang tertera diwebsite ini.

Sekian semoga bermanfaat.
www.dokterlebah.com
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Langit
admin
14 Agustus 2018 01.16 ×

😍😍😍😍😍

Terimakasih Saudara Langit Untuk Fast Respon silahkan langsung menghubungi nomor yang tertera di website ini ya :)
Reply
avatar