Keterangan Gambar

BEE POLLEN

             SEGALA TENTANG BEE POLLEN

Oleh : 
www.dokterlebah.com


Bee Pollen Organik Dokter Lebah
Pernahkah kita berpikir apakah makanan yang dimakan oleh mahluk mungil lebah ini sehingga dapat menghasilkan berton-ton  madu untuk dinikmati oleh manusia? Dari mana mahluk mungil sekecil ini memperoleh energi untuk terbang berkilo-kilo setiap harinya mengunjungi bunga dan berbagai tanaman untuk menghasilkan madu dan produk lebah lainnya?
Ya, jawabannya adalah
Bee Pollen.
Pada Lebah, Pollen merupakan makanan yang sangat baik dan penting untuk para larva dan lebah dewasa. makanan pokok nya para lebah, ibarat untuk para bayi lebah yang merupakan sumber nutrisi  protein, mineral, dll yang berfungsi menutrisipara bayi lebah untuk perkembangan dan pertumbuhannya,  dan juga sebagai sumber energi untuk para lebah  dewasa. Menurut penelitian, karena bee pollen inilah mengapa mahluk berukuran sekecil ini yaitu  lebah memperoleh energi besar untuk mampu terbang hingga ber kilometer mengunjungi bunga setiap harinya. Menurut kami, inipun menjadi salah satu alasan mengapa bee pollen disebut juga sebagai super food . karena, kandungannya sangat kaya  akan protein, karbohidrat, asam amino, lemak, dan mineral-mineral.
Bee Pollen merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh lebah yang didapatkan para lebah sewaktu mengunjungi bunga kemudian pollen ini diolah di dalam tubuhnya, sehingga jadilah dengan sebutan bee pollen.
Maka dari itu, Bee Pollen pada Tubuh manusia juga memberikan efek nutrisi selain sangat baik sebagai sumber energi, juga jika diberikan pada anak-anak sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Karena bee pollen ini memberikan nutrisi yang kaya dari alam dan telah diolah oleh makhluk penghasil madu ini yaitu lebah.
Bee pollen bahkan disebut sebagai  intisari kehidupan disebabkan karena kandungan nya yang mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kehidupan manusia maupun untuk kesehatan serta disebabkan karena  kemampuannya  membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh.Selain itu, dalam dunia kesehatan, bee pollen ini sangat baikuntuk menjaga fungsi hati pada manusia terutama tugas hati menetralkan racun-racun yang ada dalam tubuh.
Bee Pollen kaya akan mineral-mineral dan mengandung protein, pada lebah, berfungsi untuk membangun otot-otot tubuh, kelenjar, jaringan-jaringan, serta berbagai organ penting lainnya. Hal inipun berlaku untuk manusia. Terbukti, anak kecil yang rutin mengkonsumsi bee pollen, dapat membantu menyempurnakan tumbuh kembangnya. Dan juga sangat baik untuk pertumbuhan otak anak pada masa pertumbuhan dapat merangsang kecerdasannya.
Yang Unik adalah, menururt penelitian, saat lebah berumur 8-10 hari konsumsi bee pollen lebah dewasa akan berkurang, tetapi konsumsi pollen ini akan bertambah lama ketika lebah sedang memelihara Ratu untuk bertelur, karena pada saat itu, lebah membutuhkan banyak protein untuk membuahi sang Ratu . Hal ini diungkapkan oleh (Root,1983). Maka dari itu, bee pollen dengan sebutan superfood ini juga ternyata memberikan efek yang sama pada tubuh manusia, bee pollen digunakan sebagai makanan energi yang sangat alami karena  dihasilkan oleh lebah dari alam.

KANDUNGAN BEE POLLEN
Beberapa penelitian oleh Sila (1998) , Sihombing (1997), dan Sarwono (2001) mengenai  kandungan nutrisi yang ada dalam bee pollen yang berhasil diungkap yaitu sebagai berikut :
Bee Pollen mengandung zat-zat kompleks yang tidak ternilai manfaatnya dalam nutrisi dan pengobatan. Zat-zat komplek ini antara lain terdiri dari pepton, globulin, asam amino, karbohidrat, zat lemak, enzim, mineral, dan vitamin B1, B2, B6, B12, A, B, C, D, E, dan K, Hormon pertumbuhan, Hormon reproduksi, mempunyai khasiat dalam stabilisasi metabolisme sel dan pertumbuhan  sel normal (regenerasi dan rehabilitasi) pada umumnya
Komposisi utama bee pollen terdiri dari : air 12-20% protein 20% asam amino 13% karbohidrat 25-48% lemak kasar 8,5% abu 3% , selulosa 5% material lain 3-4%.
Beberapa zat gizi penting lainnya yaitu :
1.       Zat Besi untuk mencegah penyakit anemia
2.       Asam nukleat untuk tetap awet muda
3.       Selulosa dapat mencegah kesulitan Buang Air Besar
4.       Hormon untuk pertumbuhan

Beberapa penyakit dapat disembuhkan  dengan bee pollen adalah prostatis, hyperlipenia, chelesterolemia, slow senility,dll.
Selain pada bidang kesehatan, bee pollen dipakai dalam dunia kecantikan atau kosmetika, digunakan untuk melembutkan kulit karena kaya asam amino dan enzim yang mudah diabsorpsi oleh kulit tanpa iritasi (Sila, 1998)
Manfaat Bee Pollen lainnya berdasarkan penelitian:
Meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan dan menghaluskan kulit muka, menurunkan kolestrol, memperlancar fungsi pencernaan, dan mengobati asma. (Sihombing,1997)
Kegunaan lainnya yaitu menambahtenaga, menghilangkan lesu dan letih , meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi dari luar, turut mengatur pencernaan, mencegah dan menghilangkan sembelit, memelihara kesehatan kulit dan rambut, menghambat proses penuaan dan pertumbuhan sel-sel kanker (Budiaman, 1996)
Menurut (Sarwono, 2001) Bee pollen juga dapat digunakan untuk mengobati hipertonik karena mengandung vitamin A, B, C ,D yang tinggi. Juga berguna untuk  mencegah pendarahan otak, melindungi selaput mata,dan melindungi selaput jantung.

Keunikan Bee Pollen :
Sumber pollen diperoleh dari bunga kemudian mengalami proses pada tubuh lebah. Untuk mengumpulkan pollen, lebah dapat mengunjungi 50-100 bunga. (Marhiyanto, 1999) Subhanallah.
Menurtu Sila, dkk (1995) Seekor lebah dapat terbang dengan kecepatan 65 kilometer perjam. ketika saat membawa nektar atau pollen seberat ¾ dari berat tubuhnya  ia mampu terbang 30 km/jam.

Ditulis oleh

www.dokterlebah.com

Previous
Next Post »