Keterangan Gambar

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu dengan Benar dan Secara Ilmiah

KEKELIRUAN DALAM MEMENTUKAN MADU ASLI DAN MADU PALSU YANG SERING TERJADI
ditulis oleh : 
Tim Peneliti & Bidang Ilmuan Lebah Madu Dokter Lebah
www.dokterlebah.com

Sahabat, kali ini dokter lebah akan membahas ciri-ciri dan cara membedakan madu asli dan palsu secara ilmiah. Selama ini, sangat banyak beredar informasi yang huli hilir tentang ini. Beberapa informasi  tak sedikit yang mengandung mitos serta kekeliruan yang fatal tentang ini. Terutama informasi yang beredar banyak di social media, maupun yang tersebar luas dijaringan di internet. Hingga tak jarang terjadi kesalahpahaman antar penjual dan pembeli, maupun penjual dengan penjual yang saling serang dan mengklaim bahwa madunya hanya satu satunya madu asli, yang lain palsu karna digigit semut, membeku, atau dll :D  Maka dari itu pembaca juga sebaiknya cerdas memilah dan menyaring informasi sebaiknya dengan ilmiah agar tidak mudah terjebak mendapatkan madu palsu yang sebenarnya atau mudah terprovokasi.

            Maka dari itu kami mempersembahkan tulisan ini untuk yang membutuhkan informasi atau yang sering was-was atau meragukan madu yang didapatkan adalah madu asli atau tidak asli atau setengah palsu alias campuran. Serta agar masyarakat lebih tahu & dapat memilih madu asli yang benar yang dapat memberikan dampak kesehatan bagi tubuh, bukan malah sebaliknya. Selain itu, tujuan utama kami menulis artikel ilmiah ini adalah agar masyarakat sadar dengan madu yang dikonsumsinya mengenai keasliannya. Jangan sampai justru memberikan dampak yang tidak baik untuk tubuh. Khususnya dampak madu palsu.

Saat ini, maraknya oknum-oknum tidak bertanggung jawab semakin pintar memasarkan madu berkedok murni tapi palsu, atau setengah palsu alias campuran.Madu palsu atau madu tidak asli adalah salah satu produk atau cairan sintetis / buatan yang TIDAK dihasilkan oleh lebah. Ada yang berupa cairan gula atau gula yang dimasak, adapula madu campuran atau madu setengah palsu. Yaitu madu asli TETAPI yang telah dicampur dengan dengan zat yang bukan madu, campurannya bisa berupa cairan gula, gula jagung, dll. Mengkonsumsi madu palsu justru dapat berbahaya dan tidak memiliki nilai kesehatan. Sebaliknya malah memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus dalam kadar yang banyak. Karena dapat memicu berbagai penyakit apalagi diabetes. Maka dari itu, dihimbau khususnya untuk penderita diabetes sebaiknya sangatlah berhati-hati dalam memilih madu. dan mengkonsumsi madu. Yang dikhawatirkan bukannya mengkonsumsi rutin madu untuk mendapatkan khasiat madu dan kesehatan,yang ada malah memperparah diabetes tersebut karena mengkonsumsi cairan gula secara terus menerus pada madu palsu.

Madu palsu pun hadir oleh penjual yang tak bertanggung jawab, lantas dikarenakan madu sintetis alias madu palsu mudah untuk laku di pasaran, karena tentu tidak semahal dengan madu asli yang dihasilkan oleh lebah. 

Bayangkan saja rata-rata 1 ekor lebah hanya mampu menghasilkan 1/12 sdt madu selama hidupnya. (sampai bisa dihitung  jumlah tetesannya :’) . Subhanallah.Bayangkan jika anda mengkonsumsi 100 ml, 500 ml, hingga 1 kg madu, berapa ratus atau berapa ribu lebahkah yang harus bekerja keras untuk anda demi menghasilkan madu untuk anda minum. Itu juga salah satu alasan madu asli yang betul-betul 100% murni harganya jauh lebih mahal daripada madu palsu.Lalu bagaimana cara memebedakannya?

            Pemahaman yang banyak beredar tentang cara atau tes membedakan madu asli dan palsu adalah:

1    TES SEMUT

Madu yang tidak dikerumuni atau didatangi semut adalah asli.

Ini adalah PEMAHAMAN YANG KELIRU . 

Penjelasan ilmiah : 

Madu yang mengandung kadar air tinggi, akan mengalami fermentasi. Sehingga mengakibatkan madu mengandung alcohol maka dari itu,semut tidak menyenangi madu tersebut. NAMUN, baik madu asli maupun madu palsu, jika tidak terfermentasi,akan  tetap dikerumuni semut.

Jadi kesimpulannya, madu yang didatangi semut, asli atau tidak? Jawabannya adalah madu tersebut bisa asli, bisa juga palsu. MAKADARI ITU, TES SEMUT TIDAK BISA DIJADIKAN acuan untuk memastikan madu tersebut asli atau palsu.

2    TES KERTAS KORAN

Koran yang ditetesi madu asli, tidak akan sobek.atau, kertas Koran yang jika dilaburi madu tidak tembus cahaya, berarti madu tersebut asli.

Mohon maaf, penyataan tersebut adalah pendapat yang KELIRU

Penjelasan ilmiah :

Madu asli maupun madu palsu, jika dilaburi di atas kertas Koran, tetap tidak tembus cahaya ketika, madu tersebut tidak mengandung kadar air yang banyak. Serta hubungan sobek tidaknya Koran tersebut juga  adalah permasalahan tentang kadar air. Jika kadar rendah , baik madu asli maupun madu palsu kertas tersebut tidak akan robek.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa, TES KERTAS KORAN TIDAK DAPAT DIJADIKAN ACUAN UNTUK MEMASTIKAN / MEMBUKTIKAN MADU ASLI ATAU TIDAK ASLI (PALSU).

3. UJI TELUR

Jika madu dan telur diaduk, lalu telur menjadi setengah masak setelah diaduk. Maka madu tersebut asli?

Cara seperti ini juga adalah termasuk cara yang KELIRU. Karena…

Baik madu asli atau palsu, ataupun cairan yang sangaatt manis, jika diaduk atau bertemu dengan kuning telur (protein) akan menjadi setengah masak.

Maka dari itu, UJI TELUR JUGA TIDAK BISA DIJADIKAN ACUAN UNTUK MEMASTIKAN MADU ASLI ATAU MADU PALSU.

4. UJI DENGAN TUANG BOTOL.

Madu yang tidak tumpah jika dituang ke btol adalah madu asli.

Pendapat tersebut juga adalah pendapat yang KELIRUkarena..

Apakah madu itu madu asli atau madu palsu sekalipun , jika lubang botol tersumbat oleh partikel-partikel yang terdapat pada madu atau tergranulasi, maka tidak akan tumpah jika dituang.

Selain itu, madu asli maupun madu palsu jika dituang dari botol akan tetap tumpah jika tidak tersumbat.

JADI, Cara atau uji tuang botol juga TIDAK BISA DIJADIKAN ACUAN UNTUK MENGUJI MADU ASLI MAUPUN MADU PALSU.

5. UJI DENGAN KOREK API

Jika madu itu also, maka saatkorek api dicelupkan ke madu tersebut akan menyala.

Pemahaman inipun juga KELIRU. Karna…

Madu asli maupun madu yang tidak asli (madu palsu) jika dicelupkan ke korek api akan tetap menyala selama  madu tersebut mempunyai kadar air kecil. (karena bukan air yang dipakai untuk mencampur air).

JADI, UJI KOREK API PUN TIDAK DAPAT DIJADIKAN ACUAN CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN MADU PALSU.

6. PENGUJIAN DENGAN MELIBATKAN LEBAH SERANGGA.

Jika ada lebahnya, maka madu itu asli.

Hal ini sering dianggap masyarakat sebagai suatu yang “wah.. sampai ada lebahnya, pasti ini asli.” Namun hal itupun KELIRU. Karna, identitas madu asli bukan dilihat ada tidaknya lebah pada madu tersebut. Karna, baik madu asli maupun madu yang palsu dapat dengan mudah ditambahkan lebah di dalamnya.

Dengan demikian, cara inipun tidak dapat dijadikan tolak ukur asli tidaknya suatu madu.

        7. Madu yang menggumpal, mengkristal atau yang bisa membeku adalah madu palsu?

            Hal tersebut  juga adalah hal yang KELIRU. Karena, memang di alam ini, ada jenis madu asli yang dapat tergranulasi , dan itu adalah bakat alam. Madu asli yang tergranulasi atau membeku sesungguhnya madu yang sangat baik untuk jantung. Hasil penelitian kami tentang ini, serta penjelasan ilmiah yang lengkap tentang ini dapat dilihat dipostingan kami di Postingan ini 

       8. Kekentalan cairan

            Madu yang kental pasti madu asli, sedangkan yang cair sudah pasti madu palsu.

            Pernyataan di atas juga masih mengendung kekeliruan jika tidak dibuktikan dengan hasil lab. Pasalnya, Madu asli jika dipanen pada musim kemarau, kadar airnya sedikit maka teksturnya kental. Jika dipanen pada musim hujan, tentu tekturnya lebih cair karna kadar air nya tinggi dan tetap dikategorikan madu asli. Selain itu, ada beberapa jenis madu di alam ini yang memang memiliki tekstur yang cair yaitu madu trigona atau madu yang dihasilkan oleh lebah yang tak bersengat.

Justru, madu palsu lah yang memiliki potensi besar untuk dikentalkan dengan memasakkan atau menambahkan kadar gula lebih banyak. Ingat, madu asli yang cair, jauuh lebih baik daripada madu palsu yang kental.

Nah, agar tidak terjebak dalam memilih atau mementukan madu palsu dengan cara yang salah, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menguji atau mengetes keaslian madu. Cara pertama yang paling & sangat akurat yang tak dapat terbantahkan adalah :

1. Cara Manual untuk mengetahui keaslian madu yang betul betul murni adalah :

            Tes aroma dan rasa khas madu. Rata-rata, bagi penikmat madu yang sering mengkonsumsi madu asli yang betul-betul murni akan terbiasa dan tau aroma khas dari madu asli yang 100%. Menurut beberapa penelitian, aroma madu asli adalah aroma yang tersulit bahkan nyaris tak bisa dibuat sama persis 100% sama dengan aslinya.

 2. Uji lab

Nah ini adalah cara yang paling akurat dari semua cara. Hasil lab tidak dapat terelakkan dan memberi kepastian  mengenai madu tersebut asli atau palsu. tidak meragukan dan tidak ada keraguan serta simpang siur seperti tes semut, dll. Dengan uji laboratorium, dapat diujikan serta dilihat berapa persen kandungan gula yang terdapat pada madu tersebut, kadar airnya, dll. (Jika ada yang ingin menguji keaslian madu secara laboratorium bisa menghubungi kontak yang tertera di website ini ya. kami punya laboratorium tersendiri untuk mengetes kualitas dan keaslian serta kemurniannya :) ).

Bagi kawan-kawan yang sedang mencari madu asli yang betul-betul murni 100% dari alam bisa menghubungi kontak dokter lebah yang tertera di website ini ya kami mensuplai madu dan produk perlebahan lainnnya ke berbagai perusahaan, kantor atau partai. serta dapat dibeli satuan :) silahkan hubungi kontak di website ini ya untuk yang berminat :)

Uji Laboratorium Lebah Madu Dokter Lebah

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, semoga dengan adanya informasi ilmiah ini bermanfaat dan dapat membantu saudara-saudara semua dalam membedakan madu asli dan madu tidak asli atau palsu.. jangan lupa follow instagram kami @dokterlebah .

Salam Sehat 
www.dokterlebah.com


Pembahasan Topik Yang Terkait :

  • Cara membedakan madu asli dan madu palsu atau madu tidak asli
  • Ciri Ciri Madu Palsu dan Madu Asli
  • Cara Tes Keaslian Madu Asli Yang Akurat
  • Mitos dan Fakta Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu
  • Bagaimana Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu
  • Bahaya Madu Palsu 
  • Fakta-Fakta Madu Asli dan Madu Palsu
  • Madu Asli vs Madu Palsu 

Previous
Next Post »